Sebutan Humaira bagi Aisyah

Ada sebuah riwayat yang menyatakan, “Ambillah setengah agamamu dari al-Humaira ini!”.

Berikut ini beberapa komentar dari para ahli hadis.

  1. Al-Mizzi mengatakan, “Semua hadis yang menyebutkan ‘Hai Humaira’ kedudukannya Maudhu (palsu), kecuali satu hadis yang diriwayatkan oleh an-Nasai”. (Al-Mashnu’. hlm 212)
  2. Kata Ibnu al-Qayyim, “Setiap hadis yang di dalamnya ada kata-kata ‘Hai Humaira’ atau sebutan al-Humaira adalah dusta dan diada-adakan. Misalnya, hadis ‘Hai Humaira, janganlah engkau memakan tanah. Sesungguhnya hal itu akan mengakibatkan ini itu’ dan hadis ‘Ambillah setengah dari agamamu dari al-Humaira ini!'”. (Al-Manar Al-Munif. hlm 60. Dikutip juga oleh Al-‘Ajlawani dalam Kasyf al-Khufa. Jilid 1. hlm. 450)
  3. Kata Ad-Dzahabi, “Telah dikatakan bahwa setiap hadis yang di dalamnya ada kata-kata ‘Hai Humaira’ adalah tidak shahih”. (Siyar A’lam an-Nubala, II: 167)
  4. Ibnu Katsir menjelaskan, “Adapun hadis yang kedua [yaitu hadis ‘Ambillah setengah agamamu dari al-Humaira ini’] ini adalah hadis yang sangat asing (gharib jiddan), bahkan termasuk hadis Munkar. Aku pernah bertanya tentang hadis itu kepada guruku al-Hafidz Abu al-Hujjaj al-Mizzi dan beliau mengatakan, ‘Aku tidak mengetahui ada sanad bagi hadis itu hingga sekarang’. Demikian juga Abu Abdillah ad-Dzahabi pernah berkata, ‘Hadis itu termasuk hadis yang diragukan yang tidak dikenal ada sanadnya”. (Tuhfat al-Thalib. hlm 170)

Tinggalkan komentar